Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Beasiswa IsDB - Türkiye Burslari (YTB) untuk studi PhD di Turki



Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الوهاب الحليم، اللهم صل على نبينا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

Jika sebelumnya kami telah bagikan informasi tentang Beasiswa Pemerintah Republik Turki dan Beasiswa Bank Pembangunan Islam secara terpisah dengan masing-masing persyaratan. Artikel ini sekarang membagikan informasi tentang program beasiswa bersama dari IsDB dan Pemerintah Turki.

Beasiswa IsDB-Türkiye Burslari (YTB) untuk studi PhD di Turki
Beasiswa IsDB-Türkiye Burslari (YTB) untuk studi PhD di Turki

Kandidat Gelar Sarjana Max. 21 tahun

Kandidat Gelar Master Max. 30 tahun

Kandidat Gelar PhD Max. 35 tahun

Mahasiswa Master dan PhD akan diminta untuk mengembalikan 50% dari jumlah total yang dihabiskan untuk studi mereka setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan, dengan angsuran mudah, ke Dana Perwalian Pendidikan Lokal (LETF) yang didirikan oleh IsDB di negara mereka.
 
Biaya akomodasi sudah termasuk dalam beasiswa bulanan. Siswa akan membayar biaya akomodasi mereka dari beasiswa bulanan mereka sendiri. Mahasiswa berhak mengambil inisiatif dalam akomodasi.
 
Siswa yang sudah terdaftar di universitas Turki tidak memenuhi syarat untuk program beasiswa bersama.
 
Semua penerima Beasiswa Türkiye-Program Beasiswa Bersama Internasional IsDB yang tidak memiliki Sertifikat Tingkat C1 untuk Kemahiran Bahasa Turki (termasuk mereka yang ditempatkan dalam program pengajaran bahasa Inggris atau bahasa lainnya) harus mengikuti Kursus Persiapan Turki 1 tahun dan mendapatkan Sertifikat Tingkat C1 pada akhir tahun akademik mereka.
 
Kandidat yang ingin belajar di program bahasa Inggris harus memiliki sertifikat bahasa yang diakui secara internasional untuk membuktikan kemahiran bahasa mereka (TOEFL dan sertifikat setara lainnya). Sebagian besar program ini memerlukan nilai tes masuk internasional seperti GRE, GMAT, SAT dll. Kandidat dapat memeriksa bahasa pengantar saat memilih program dalam sistem aplikasi.
 
Daftar departemen telah ditentukan sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Kandidat akan belajar di Turki dalam lingkup daftar departemen yang diberikan pada halaman aplikasi untuk mencapai rencana pembangunan nasional dan global mereka termasuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
 
Kandidat tidak boleh memiliki kondisi kesehatan kronis atau lainnya yang dapat menghambat studi mereka di Turki.

Dokumen yang dibutuhkan

1. Foto
2. Kartu identitas atau paspor
3. Ijazah SMA dan Transkrip (semester terakhir boleh mendaftar)
4. Transkrip Ijazah dan Sekolah Menengah Pertama (Opsional)
5. Diploma dan Transkrip Sarjana (hanya untuk pelamar Master)
6. Diploma dan Transkrip Master (hanya untuk pelamar PhD)
5. Sertifikat Bahasa Inggris (Opsional)
6. CV (Opsional)
7. Kegiatan Sosial; Penghargaan, Proyek, Sertifikat, Beasiswa (Opsional)
8. Essay Letter of Intent berisi motivasi mengapa Anda ingin belajar di Turki
9. Proposal Penelitian (Master dan PhD saja)
10. Surat Rekomendasi (Opsional)

* Opsional berarti Anda dapat menyelesaikan pendaftaran tanpa harus mengunggah dokumen. Tapi tentu saja, mereka yang mengupload sepenuhnya memiliki peluang lebih besar untuk diterima.

Semua dokumen yang diperlukan sama dengan Beasiswa Pemerintah Turki, kecuali aturan untuk membayar kembali biaya 50% setelah studi, ini dari aturan IsDB.

Untuk Mendaftar ke program, Anda harus mengunjungi situs Turkiye Burslari, bukan IsDB. Batas waktu adalah 10 Januari - 20 Februari 2023. Ini tautannya https://tbbs.turkiyeburslari.gov.tr/

Arsip 2021: Deadline 15 April 2022

Video Tutorial Pendaftaran YTB


Jika Anda pernah mengajukan Beasiswa Pemerintah Turki sebelumnya, tentu saja, dokumen Anda sudah lengkap. Kemudian, Anda hanya perlu memilih Program Beasiswa Bersama Beasiswa IsDB-Türkiye dan mengikuti proses yang sama seperti sebelumnya ketika Anda melamar Beasiswa Pemerintah Turki.

Selain beasiswa tunggal dari pemerintah Turki dan program beasiswa yang bekerja sama dengan Islamic Development Bank (IsDB). Tersedia juga program beasiswa Pemerintah Turki yang bekerja sama dengan NAMA Foundation. Persyaratan, web dan cara pendaftaran sama. Hanya saja saat melakukan pendaftaran agar memilih jenis beasiswa yang diinginkan. Ada pula beasiswa Diyanet, khusus untuk studi Islam di Turki. Tersedia mulai jenjang SMA hingga Doktoral.

Catatan admin:

1. Perhatikan bahwa program beasiswa ini tidak 100%, sifatnya adalah 50% pinjaman. Setelah menyelesaikan studi di Turki, lulusan Pascasarjana (S2 dan S3) wajib mengganti 50% dari beasiswa. Jadi silakan dipikir dengan matang. Kalau kuliah di Turki ditanggung 150 juta rupiah, maka siap-siap setelah lulus dan bekerja harus mengganti 50%nya sekitar 75 juta rupiah. Bagi sebagian pelajar yang punya kemampuan keuangan di atas rata-rata, ini tentu cukup membantu. Daripada kuliah ke Turki biaya sendiri bayar 100%, lebih baik ini cuma ganti 50%nya.

2. Tahun 2023 ini, beasiswa IsDB yang bekerja sama dengan YTB ini hanya tersedia bagi warga negara Indonesia untuk jenjang S3 / Doktoral / PhD saja.

3. Klik di sini untuk melihat daftar departemen dan negara tempat aplikasi diterima dalam lingkup Beasiswa Türkiye - Program Beasiswa Bersama IsDB.

Semoga Allah pilihkan Muslimiin dan Muslimaat yang baik untuk studi di Turki dan kelak membawa manfaat kebaikan untuk Islam dan Indonesia.. Semoga Allah beri kesabaran kepada umat Islam di Turki dan Suriah yang menjadi korban gempa.. Semoga menjadi penebus segala kesalahan dan menjadi keberkahan setelahnya.. Aamiin..

Copyright @ SantriNabawi.ID
Palangka Raya,
20 Sya'ban 1442 H / 2 April 2021 M
Update Tangerang Selatan,
4 Rajab 1444 H / 26 Januari 2023 M


Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!



Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!







Post a Comment

0 Comments