Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Beasiswa Islamic Development Bank untuk Sarjana, Magister, Doktor, dan Pos-Doktoral



Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami di bawah ini: Telegram, Instagram, Twitter, Youtube dan Facebook!
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الغفور الشكور، اللهم صل على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Islamic Development Bank (IsDB) atau Bank Pembangunan Islam mendanai dan melaksanakan program beasiswa sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia negara-negara anggotanya dan masyarakat Muslim di negara-negara non-anggota.

Ada enam program beasiswa yang ditawarkan oleh IsDB:
1. Sarjana
2. Magister
3. PhD dan Program Penelitian Pasca Doktor
4. IsDB-ISFD untuk Pendidikan & Pelatihan Kejuruan Teknis (TVET) untuk 21 Negara Anggota Paling Sedikit Berkembang (LDMC): Afghanistan, Bangladesh, Benin, Burkina Faso, Chad, Komoro, Djibouti, Gambia, Guinea, Guinea-Bissau, Mali, Mauritania, Mozambik, Niger, Senegal, Sierra Leone, Somalia, Sudan, Togo, Uganda dan Yaman
5. Studi Sarjana IsDB-ISFD untuk 21 LDMC sebagaimana disebutkan dalam No. 4 di atas
6. Program Bersama IsDB-The World Academy of Science (TWAS) untuk Pengembangan Kapasitas dan Alih Teknologi

Beasiswa Islamic Development Bank untuk Sarjana, Magister, Doktor, dan Pos-Doktoral
Beasiswa Islamic Development Bank untuk Sarjana, Magister, Doktor, dan Pos-Doktoral

Program Beasiswa IsDB lebih dari sekadar program beasiswa dalam pengertian tradisional berupa bantuan keuangan langsung kepada siswa yang berprestasi dan berkualitas. Ini juga merupakan alat untuk peningkatan kondisi sosial ekonomi Negara Anggota dan komunitas Muslim. Ini pada dasarnya adalah program beasiswa dan program pengembangan pada saat yang sama, karena beasiswa diberikan sebagai pinjaman tanpa bunga (Qard Hasan) kepada siswa dan sebagai hibah kepada komunitas / negara tempat mereka berada.

Bergabung di channel Telegram @SantriNabawi

Tempat Studi

Konsisten dengan konsep Program, penerimaan sepenuhnya menjadi tanggung jawab mahasiswa. Mahaiswa yang dipilih harus mendapatkan izin masuk dari salah satu dari 10 universitas negeri / pemerintah terbaik di negara mereka sendiri. Periksa peringkat Universitas http://webometrics.info/en

Sementara itu, bagi beberapa siswa yang tidak dapat memperoleh izin masuk di negara mereka sendiri, karena situasi yang tidak dapat dihindari, IsDB dapat meminta izin masuk di negara anggota yang memiliki perjanjian dengan IsDB. Keputusan akhir penerimaan siswa di bawah perjanjian ini tunduk pada penerimaan oleh universitas masing-masing di negara-negara ini.

Ketentuan Umum

- Harus warga negara salah satu negara anggota IsDB atau komunitas Muslim di negara non-anggota.
- Kandidat dari negara non-anggota harus seorang Muslim.
- Harus memiliki ijazah sekolah menengah / sarjana / master / doktoral atau terdaftar di salah satu dari 10 universitas negeri / pemerintah terbaik di negaranya.
- Harus memiliki IPK akhir minimal 70%.
- Harus memilih bidang studi yang terdaftar di antara disiplin program yang disetujui.
- Harus memberikan bukti kemahiran bahasa sesuai bahasa universitas yang relevan. Kemahiran bahasa harus didukung oleh dokumen atau sertifikat, misalnya, untuk bahasa Inggris, dengan sertifikat bahasa yang diakui seperti TOEFL, IELTS atau lulus tes tingkat wajib yang dilakukan seperti oleh British Council atau sistem setara dalam bahasa Prancis atau bahasa lain).
- Harus menyediakan terjemahan bahasa Inggris atau Prancis bersertifikat untuk semua dokumen jika awalnya dalam bahasa lain.
- Tidak boleh menerima beasiswa lain pada saat melamar dan selama studi.
- Harus bugar secara medis dan bersedia menjalani tes kesehatan setelah seleksi.

Bidang Studi

Kandidat yang memenuhi syarat harus mendaftar ke salah satu bidang studi seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
- Kesehatan
- Teknik
- Perencanaan Kota
- Kota Berkelanjutan
- Inovasi & Pengembangan Infrastruktur
- Penanganan limbah
- Kehutanan
- Pertanian Berkelanjutan
- Teknologi Industri
- Polusi Plastik dan Mikroplastik
- Kimia Hijau
- Pertumbuhan Bertanggung Jawab
- Fisika
- Geologi
- Energi
- TIK untuk Pembangunan
- Ilmu Komputer
- Teknologi Informasi
- Telekomunikasi
- Elektronik
- Keanekaragaman Hayati
- Perubahan iklim
- Air dan Kebersihan
- Pembangunan
- Ilmu Sosial
- Hukum
- Media & Jurnalisme
- Ilmu Politik
- Kewirausahaan
- Perdagangan
- Ekonomi
- Ekonomi Islam
- Keuangan dan Perbankan
- Pertumbuhan populasi
- Statistik
- Ekonometrika Demografi
- Pendidikan
- Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan
- Psikologi dan Pembelajaran
- Kebijakan Pendidikan
- Pengembangan Internasional

Fasilitas Beasiswa

Program ini mencakup item berikut:
- Tunjangan bulanan sepadan dengan biaya hidup negara studi.
- Biaya kuliah, jika ada, tunduk pada persetujuan IsDB.
- Biaya pengobatan di universitas / rumah sakit pemerintah.
- Tiket pulang pergi kelas ekonomi (satu kali pada saat bergabung dan setelah menyelesaikan studi) serta tunjangan keberangkatan dan peralatan bagi siswa yang dipilih untuk belajar di luar negeri di universitas / negara mitra.
- Tunjangan Persiapan Skripsi/Tesis/Disertasi.
- Tunjangan persiapan makalah ilmiah

Kewajiban

Calon penerima beasiswa diharapkan untuk:
- Menandatangani Perjanjian Beasiswa yang ditentukan IsDB yang menyatakan komitmen mereka untuk studi mereka dan melayani komunitas dan negara mereka setelah lulus.
- Berkomitmen untuk menanggung, setelah menyelesaikan studi sarjana mereka, baik biaya kuliah tahun pertama gelar Master mereka. Dalam hal ini, IsDB akan mendukung mereka dengan menanggung biaya tahun kedua studi mereka. Jika tidak, mereka akan menanggung biaya tahun pertama studi untuk mahasiswa sarjana baru dari komunitas / negara yang sama yang dicalonkan oleh IsDB.
- Membaktikan diri untuk studi mereka secara penuh waktu dan tanpa gangguan dan memberikan laporan kemajuan studi mereka kepada IsDB secara teratur;
- Tidak mencari atau menerima beasiswa lain atau pekerjaan yang dibayar selama studi mereka di bawah Program;
- Menghormati hukum negara tempat studi dan menjaga perilaku pribadi dan profesional yang baik sesuai dengan aturan, regulasi dan tujuan Program dan misi keseluruhan IsDB; dan
- Mendaftar ke Alumni IsDB setelah lulus ke jaringan dengan alumni lain dan terus memperbarui IsDB tentang kemajuan dan pencapaian profesional mereka di komunitas / negara mereka.
- Mengembalikan 50% dari jumlah total yang dibelanjakan untuk studi mereka setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan, dengan angsuran mudah, ke Dana Perwalian Pendidikan Lokal (LETF) yang dibentuk oleh IsDB di negara mereka. (Untuk Magister, PhD dan Program Penelitian Pasca Doktoral)

Dokumen yang harus diupload

1. Ijazah dan Transkrip (SMA/Sarjana/Magister)
2. Kartu Identitas (KTP/Paspor)
3. Akte Lahir (Sarjana)
4. Keterangan Sehat (Opsional)
5. Sertifikat Bahasa (Opsional TOAFL/TOEFL/IELTS)
6. Curriculum Vitae (Magister)
7. 3 Surat Rekomendasi (Magister)
8. Sertifikat Pengalaman Kerja (Opsional Magister)
9. Surat Pendaftaran/Penerimaan Universitas (Opsional Magister)
10. Proposal Penelitian (Magister)

Deadline pendaftaran 28 Februari 2021.


Tutorial Pendaftaran

Harap dicatat bahwa jika Anda tidak mendapat kabar dari IsDB hingga Akhir Juli 2021, itu berarti Anda belum dipilih untuk beasiswa.

Follow Instagram @SantriNabawi

Catatan admin:

1. Untuk beasiswa Magister (S2), Doktor (S3) dan Pos-Doktoral jelas setelah selesai studi wajib mengembalikan 50% dari total biaya yang telah ditanggung IsDB. Jadi jelas ketidak jujuran website-website yang menyebutkan beasiswa penuh saja, tanpa menjelaskan bahwa ada nilai yang harus diganti setelah studi.

2. Untuk beasiswa tingkat Sarjana (S1) memang tidak jelas. Jika minat walau beasiswanya tidak full, bisa daftar saja dulu, nanti dikonfirmasi lagi kalau dinyatakan diterima.

3. Mahasiswa On-Going atau sudah jalan kuliah di S1, S2, dan S3 yang jurusannya sesuai dengan bidang-bidang di atas jika berminat beasiswa pinjaman ini, silakan coba saja mendaftar juga! Beasiswa 50% kan mendingan daripada 100% bayar sendiri.

Copyright @ SantriNabawi.ID
Palangka Raya,
12 Rajab 1442 H / 24 Februari 2021 M

Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami di bawah ini: Telegram, Instagram, Twitter, Youtube dan Facebook!

Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami di bawah ini: Telegram, Instagram, Twitter, Youtube dan Facebook!




Post a Comment

0 Comments