Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Karakter Fisik Rasulullah - Ringkasan Hadis Syamail Muhammadiyyah



Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى اله وصحبه أجمعين

Karakter Fisik Rasulullah - Ringkasan Hadis Syamail Muhammadiyyah
Karakter Fisik Rasulullah - Ringkasan Hadis Syamail Muhammadiyyah

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ سَمِعَهُ يَقُولُ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ بِالطَّوِيلِ الْبَائِنِ وَلَا بِالْقَصِيرِ وَلَا بِالْأَبْيَضِ الْأَمْهَقِ وَلَيْسَ بِالْآدَمِ وَلَيْسَ بِالْجَعْدِ الْقَطَطِ وَلَا بِالسَّبْطِ بَعَثَهُ اللَّهُ عَلَى رَأْسِ أَرْبَعِينَ سَنَةً فَأَقَامَ بِمَكَّةَ عَشْرَ سِنِينَ وَبِالْمَدِينَةِ عَشْرَ سِنِينَ فَتَوَفَّاهُ اللَّهُ وَلَيْسَ فِي رَأْسِهِ وَلِحْيَتِهِ عِشْرُونَ شَعْرَةً بَيْضَاءَ
Dari Anas bin Malik radhiallahu'anhu: "Adalah Rasulullah ﷺ tidaklah berbadan tinggi dan juga tidak pendek. Kulit beliau tidak terlalu putih dan juga tidak terlalu kecoklatan. Rambut beliau tidak terlalu keriting dan tidak lurus. Beliau diutus oleh Allah Subhaanahu wa Ta'ala saat usia beliau empat puluh tahun lalu tinggal di Makkah selama sepuluh tahun dan menetap di Madinah selama sepuluh tahun lalu Allah Subhaanahu wa Ta'ala mewafatkan beliau dan ada rambut yang beruban pada kepala dan janggut beliau tidak lebih dari dua puluh helai". (Muttafaq Alaih)

عَنْ أَنَسٍ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَبْعَةً لَيْسَ بِالطَّوِيلِ وَلَا بِالْقَصِيرِ حَسَنَ الْجِسْمِ أَسْمَرَ اللَّوْنِ وَكَانَ شَعْرُهُ لَيْسَ بِجَعْدٍ وَلَا سَبْطٍ إِذَا مَشَى يَتَوَكَّأُ
Dari Anas: "Rasulullah ﷺ adalah seorang laki-laki yang sedang, tidak tinggi dan tidak pendek, postur tubuhnya bagus dan berkulit cokelat. Rambut beliau tidak keriting dan tidak lurus, jika berjalan tegap." (HR. Tirmidzi)

مَا رَأَيْتُ مِنْ ذِي لِمَّةٍ فِي حُلَّةٍ حَمْرَاءَ أَحْسَنَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَهُ شَعْرٌ يَضْرِبُ مَنْكِبَيْهِ بَعِيدُ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ لَمْ يَكُنْ بِالْقَصِيرِ وَلَا بِالطَّوِيلِ
Dari Al Barra`: "Aku tidak pernah melihat seseorang yang rambutnya terjuntai lebih bagus disaat mengenakan pakaian berwarna merah daripada Rasulullah ﷺ, rambut beliau mencapai kedua pundaknya yang lebar, beliau tidak pendek dan tidak pula tinggi." (HR. Tirmidzi No. 3635)

عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرْبُوعًا بَعِيدَ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ لَهُ شَعَرٌ يَبْلُغُ شَحْمَةَ أُذُنِهِ رَأَيْتُهُ فِي حُلَّةٍ حَمْرَاءَ لَمْ أَرَ شَيْئًا قَطُّ أَحْسَنَ مِنْهُ
Dari Al Bara' bin 'Azib radhiallahu'anhuma berkata, "Nabi ﷺ adalah seorang yang berpostur sedang (tidak tinggi dan tidak pula pendek), berbahu lebar. Rambut beliau panjang hingga menyentuh ujung telinga. Aku pernah melihat beliau mengenakan pakaian merah dan tak pernah kulihat seseorang yang lebih tampan dari beliau ketika mengenakan pakaian itu." (Muttafaq 'Alaih)

عَنْ عَلِيٍّ قَالَ
لَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالطَّوِيلِ وَلَا بِالْقَصِيرِ شَثْنَ الْكَفَّيْنِ وَالْقَدَمَيْنِ ضَخْمَ الرَّأْسِ ضَخْمَ الْكَرَادِيسِ طَوِيلَ الْمَسْرُبَةِ إِذَا مَشَى تَكَفَّأَ تَكَفُّؤًا كَأَنَّمَا انْحَطَّ مِنْ صَبَبٍ لَمْ أَرَ قَبْلَهُ وَلَا بَعْدَهُ مِثْلَهُ
Dari 'Ali Radhiyallaahu 'anhu, ia berkata: "Rasulullah ﷺ tidak tinggi dan tidak pula pendek. Telapak tangan dan kakinya tebal. Kepalanya dan tulang persendiannya juga besar. Bulu dadanya lebat. Jika beliau berjalan, tegak seolah-olah seperti seseorang yang sedang turun dari suatu tempat yang tinggi. Aku sama sekali belum pernah menjumpai orang seperti beliau ﷺ baik sebelum maupun sepeninggalannya." (HR. Tirmidzi 3637)

جَابِرَ بْنَ سَمُرَةَ قَال
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ضَلِيعَ الْفَمِ أَشْكَلَ الْعَيْنِ مَنْهُوسَ الْعَقِبَيْنِ
Jabir bin Samurah berkata: "Rasulullah ﷺ memiliki mulut yang besar dan lebar, sepasang matanya lebar dan terdapat kemerahan pada sklera (lapisan putih) matanya, serta bertumit ramping." (HR. Muslim No. 2339)

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ
رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي لَيْلَةٍ إِضْحِيَانٍ فَجَعَلْتُ أَنْظُرُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِلَى الْقَمَرِ وَعَلَيْهِ حُلَّةٌ حَمْرَاءُ فَإِذَا هُوَ عِنْدِي أَحْسَنُ مِنْ الْقَمَرِ
Dari Jabir bin Samurah ia berkata, "Pada malam bulan purnama aku melihat Rasulullah ﷺ, aku melihat Rasulullah ﷺ dan melihat bulan, ketika itu beliau tengah mengenakan pakaian berwarna merah, beliau bagiku lebih bagus rupanya daripada bulan." (HR. Tirmidzi No. 2811)

سُئِلَ الْبَرَاءُ
أَكَانَ وَجْهُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَ السَّيْفِ قَالَ لَا بَلْ مِثْلَ الْقَمَرِ
Al Bara' pernah ditanya, "Apakah wajah Nabi ﷺ seperti pedang?.' Dia menjawab, "Tidak, akan tetapi wajah beliau seperti rembulan". (HR. Bukhari No. 3552)

عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ قَالَ
رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ رَجُلٌ رَآهُ غَيْرِي قَالَ فَقُلْتُ لَهُ فَكَيْفَ رَأَيْتَهُ قَالَ كَانَ أَبْيَضَ مَلِيحًا مُقَصَّدًا
Abu Ath Thufail: "Aku pernah melihat Rasulullah ﷺ dan tidak ada orang lain lagi selain saya yang pernah melihat beliau. Perawi berkata, 'Saya bertanya kepadanya, bagaimana kamu melihatnya? Dia menjawab, 'Rasulullah ﷺ itu berkulit putih, elok dan bertubuh sedang.' (HR. Muslim No. 2340)

Lanjutkan membaca ke ...


Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!



Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!







Post a Comment

0 Comments