Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Beasiswa Fulbright untuk kuliah Magister (S2) & Doktor (S3) di Amerika Serikat



Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى اله وصحبه أجمعين

Fulbright adalah salah satu dari beberapa Program Pertukaran Budaya Amerika Serikat untuk meningkatkan hubungan antar budaya, kompetensi, dan diplomasi budaya, antara masyarakat Amerika Serikat dan negara lain melalui pertukaran orang, keterampilan, dan pengetahuan. Melalui program ini, mahasiswa negara lain yang dipilih secara kompetitif dapat menerima beasiswa atau hibah untuk belajar, melakukan penelitian, mengajar, atau melatih bakat mereka di Amerika Serikat. Program ini didirikan oleh Senator Amerika Serikat J. William Fulbright pada tahun 1946 dan dianggap sebagai salah satu beasiswa paling terkenal dan bergengsi di dunia. Program ini memberikan sekitar 8.000 hibah setiap tahun - kira-kira 1.600 untuk pelajar A.S., 1.200 untuk ilmuan A.S., 4.000 untuk pelajar asing, 900 untuk ilmuan tamu asing, dan beberapa ratus untuk guru dan profesional.

Beasiswa Fulbright untuk kuliah Magister (S2) & Doktor (S3) di Amerika Serikat
Beasiswa Fulbright untuk kuliah Magister (S2) & Doktor (S3) di Amerika Serikat

Beasiswa Fulbright tersedia bagi warga negara Indonesia untuk menempuh studi pascasarjana atau penelitian lanjutan di universitas AS dalam berbagai bidang.

Beasiswa Magister dan Doktor masing-masing selama dua dan tiga tahun studi pascasarjana di universitas AS. Program Visiting Scholar memungkinkan seorang Indonesia yang memiliki gelar doktoral untuk melakukan penelitian selama tiga sampai enam bulan di universitas Amerika.

Preferensi seleksi akan diberikan kepada kandidat yang belum memiliki pengalaman tingggal di AS baru-baru ini, misalnya, mereka yang sebelumnya telah menerima beasiswa Fulbright. Kandidat akan dipertimbangkan tanpa memandang ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, asal kebangsaan, usia, kecacatan, afiliasi politik, status perkawinan, status sebagai orang tua, atau orientasi seksual.

Ketentuan Umum

Pemohon harus:
- Warga negara Indonesia dan bukan penduduk tetap atau warga negara AS, atau saat ini tinggal di AS
- Memiliki kualitas kepemimpinan dan menunjukkan pengalaman dalam pelayanan masyarakat
- Memiliki persiapan dan komitmen yang ditunjukkan pada bidang studi pilihan mereka
- Mahir berbahasa Inggris
- Memiliki catatan akademis yang luar biasa
- Menunjukkan bahwa mereka secara realistis dapat menyelesaikan studi pascasarjana full time atau melakukan penelitian di AS
- Menunjukkan komitmen yang kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa Fulbright
- Bersedia bekerja minimal lima tahun sebelum pensiun setelah menyelesaikan program beasiswa

Pelamar tidak akan memenuhi syarat jika dia:

- Seorang karyawan, anggota keluarga dekat karyawan, atau tanggungan karyawan AMINEF, Kedutaan Besar AS, atau Departemen Luar Negeri AS
- Saat ini sedang mengejar gelar lain
- Menerima beasiswa lain pada saat melamar
- Mengejar program serupa lainnya untuk gelar ganda

Persyaratan Pendaftaran (disediakan dalam bahasa Inggris)

- IPK 3.0 dari 4.0
- Formulir aplikasi yang telah diisi lengkap, termasuk tujuan studi satu halaman untuk beasiswa master dan PhD, dan proposal penelitian 3-5 halaman untuk PhD dan beasiswa Penelitian
- Fotokopi skor TOEFL ITP (S2 550 & S3 575) atau TOEFL iBT (S2 80 & S3 90) atau IELTS (S2 6.5 & S3 7.0) atau Duolingo (S2 105 & S3 110)
- Dua surat referensi (rekomendasi), baik dari pemberi kerja atau dosen universitas
- Fotokopi transkrip nilai dan ijazah (dalam bahasa asli dan terjemahan bahasa Inggris)
- Salinan dokumen identitas atau paspor yang masih berlaku
- Daftar Riwayat Hidup

Fasilitas Beasiswa

Beasiswa akan memberikan keuntungan sebagai berikut:
- Dukungan visa J-1
- Tiket pesawat kelas ekonomi pulang pergi dari kota asal penerima beasiswa ke institusi tuan rumah di AS
- Pendanaan untuk biaya kuliah, biaya hidup dan biaya terkait
- Perlindungan asuransi kecelakaan dan kesehatan menurut pedoman Pemerintah AS

Dukungan tidak disediakan untuk tanggungan (keluarga) yang menyertai.

Bidang Studi yang Tersedia

Hibah Fulbright dapat digunakan untuk studi atau penelitian di sebagian besar disiplin ilmu dan bidang studi apa pun kecuali kedokteran yang terkait dengan perawatan pasien atau kontak pasien klinis. Proposal di bidang humaniora, seni, dan ilmu sosial, dan di bidang sains, teknologi, teknik, matematika (STEM), dan kesehatan juga diterima. Yang sangat disambut adalah aplikasi di bidang STEM yang fokus pada pelestarian lingkungan, eksplorasi energi alternatif, atau mitigasi perubahan iklim.

Tes yang Diperlukan

Pada saat melamar ke AMINEF, hanya diperlukan TOEFL Institutional Testing Program (ITP) atau skor IELTS. Jika kemudian Anda terpilih untuk mendapatkan penghargaan, Anda kemudian harus mengikuti tes TOEFL iBT (TOEFL berbasis Internet) resmi, Graduate Record Examination (GRE) untuk semua bidang kecuali hukum dan bisnis, atau Graduate Management Admission Test (GMAT) untuk administrasi bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Deadline

Beasiswa Master dan PhD

Batas Pendaftaran: 1 Maret 2022

Arsip 2021 lalu 15 Februari 2021

Bagaimana Cara Mendaftar?

Kandidat harus melengkapi formulir aplikasi yang sesuai, yang dapat diunduh dengan mengklik tautan berikut ini lalu mengirimkannya dengan disertai dokumen-dokumen pendukung yang tercantum di atas dalam bentuk hard copy ke AMINEF melalui jasa pengiriman atau mengantarkannya secara langsung sebelum batas waktu aplikasi ke alamat berikut:

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)
Intiland Tower, Lantai 11
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32
Jakarta 10220
Telp: (021) 579 39 085 ~ 9086

*Selama masa pandemi COVID-19, AMINEF menyediakan dropbox di lantai dasar Intiland Tower bagi pelamar untuk menyerahkan aplikasi mereka.
**Hanya pelamar terpilih yang akan diberitahu untuk wawancara.

Kontak Informasi

Pertanyaan khusus mengenai proses aplikasi dapat dialamatkan melalui email ke alamat berikut: infofulbright_ind@aminef.or.id

Keterangan lebih lengkap tentang detail persyaratan dan cara pendaftaran dapat dibaca pada website resmi AMINEF berikut ini

Demikian. Semoga ada di antara Muslimiin/Muslimaat yang diterima dan kelak kembali membawa ilmu yang bermanfaat untuk agama dan bangsa. Aamiin..

Copyright @ SantriNabawi.ID
Palangka Raya,
1 Rajab 1442 H / 13 Januari 2021 M
Update Palangka Raya,
17 Rajab 1443 H / 18 Februari 2022 M


Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!



Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!







Post a Comment

0 Comments