Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Beasiswa Eiffel untuk Magister dan Doktoral di Prancis



Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله اللطيف الكريم، وصلى الله على نبينا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

Program Beasiswa Eiffel yang digagas oleh Kementerian Luar Negeri Prancis bertujuan untuk membantu institusi pendidikan tinggi Prancis dalam upaya mereka untuk menseleksi mahasiswa asing terbaik ke program magister dan doktoral mereka.

Tujuannya adalah (i) untuk melatih para pembuat keputusan asing di masa depan di bidang swasta dan publik di bidang studi prioritas dan (ii) untuk menarik pelamar dari negara berkembang dan industri ke tingkat program master dan doktor Prancis.

Beasiswa Eiffel untuk Magister dan Doktoral di Prancis
Beasiswa Eiffel untuk Magister dan Doktoral di Prancis

Dua bidang beasiswa Eiffel tersedia di tujuh bidang berikut:

• SAINS DAN TEKNIK
- Biologi dan kesehatan
- Transisi ekologis
- Matematika dan digital
- Sains dan teknik

• ILMU MANUSIA DAN SOSIAL
- Sejarah, bahasa dan peradaban Prancis
- Ilmu hukum dan politik
- Ekonomi dan manajemen

Jenis program:
• program gelar master
• program teknik
• program doktor bersama (bimbingan disertasi bersama dan/atau gelar ganda), bermitra dengan lembaga mitra di luar negeri.

Periode studi yang didanai harus dimulai antara 1 September dan 31 Desember tahun di mana beasiswa diberikan. Tanggal mulai tidak dapat ditunda. Beasiswa hanya untuk studi di Prancis, kecuali dalam kasus tertentu yang melibatkan magang dan periode pertukaran, sebagaimana dijelaskan lebih lanjut.

Komponen Master

Beasiswa diberikan untuk:
• maksimal 12 bulan bagi penerima beasiswa yang memasuki tahun kedua program magister (M2)
• maksimal 24 bulan bagi penerima beasiswa yang memasuki tahun pertama program magister (M1)
• maksimal 36 bulan untuk penerima beasiswa memasuki program teknik.

Jika penerima beasiswa ingin mengambil kursus bahasa intensif sebelum memulai kegiatan akademik, durasi beasiswa Eiffel dapat diperpanjang maksimal dua bulan, asalkan perlunya perpanjangan ditunjukkan dengan jelas dalam aplikasi. Beasiswa Eiffel tidak menanggung biaya kursus bahasa tersebut.

Magang harus menjadi bagian integral dari kurikulum yang mengarah ke gelar. Menyelesaikannya harus menjadi persyaratan gelar. Bagaimana magang dinilai untuk tujuan yang dihitung terhadap gelar harus dijabarkan dalam deskripsi program gelar. Penerima harus mendapatkan izin dari penasihat akademik mereka untuk memasuki magang. Untuk tujuan beasiswa Program Eiffel, perjanjian magang harus diserahkan ke Campus France setidaknya satu minggu sebelum tanggal mulai magang.

Komponen PhD

Beasiswa Eiffel diberikan selama maksimal 12 bulan di Prancis. Dengan persetujuan panitia beasiswa dapat dibagi menjadi maksimal tiga periode di Prancis, tidak ada yang kurang dari 4 bulan. Dalam keadaan apa pun, periode beasiswa tidak boleh melebihi 24 bulan, termasuk waktu yang dihabiskan di luar Prancis.

Hanya mahasiswa penerima beasiswa hukum yang dapat menjalani pelatihan bahasa Prancis secara paralel dengan pekerjaan akademis mereka. Izin untuk melakukannya harus diminta secara eksplisit dalam aplikasi. Jika izin tidak diminta dengan jelas dalam aplikasi, itu tidak akan diberikan kemudian.

Fasilitas

Beasiswa Eiffel untuk master terdiri dari tunjangan bulanan €1.181 (tunjangan pemeliharaan €1.031 ditambah tunjangan €150). Beasiswa Eiffel untuk doktoral termasuk tunjangan bulanan € 1,700. Selain itu juga difasilitasi:
- Perjalanan udara internasional
- Perjalanan kereta api di Prancis
- Transportasi lokal
- Asuransi kesehatan
- Asuransi kesehatan tambahan
- Kegiatan budaya

Untuk Magister dan Doktoral

- Untuk menerima bagian pertama dari beasiswa mereka, mahasiswa harus telah memulai program akademik mereka di lembaga tuan rumah di Prancis.
- Setiap penangguhan beasiswa secara otomatis penangguhan semua fasilitas.
- Biaya kuliah tidak ditanggung oleh Program Eiffel. Namun sebagai penerima beasiswa pemerintah Prancis, penerima beasiswa yang diterima di universitas Prancis dan lembaga publik lainnya dibebaskan dari biaya kuliah.

Kelayakan

Kebangsaan. Program Eiffel disediakan untuk warga negara non-Prancis. Kandidat dengan dua kewarganegaraan yang salah satunya adalah Prancis tidak memenuhi syarat.

Usia. Kandidat untuk master harus berusia 25 tahun ke bawah pada saat kompetisi 2022—yaitu, mereka harus lahir setelah tanggal 31 Maret 1996. Kandidat untuk doktoral harus berusia 30 tahun ke bawah pada saat kompetisi 2022 ; mereka yang lahir setelah tanggal 31 Maret 1991.

Sumber aplikasi. Hanya aplikasi yang diajukan oleh lembaga pendidikan Prancis yang akan diterima. Lembaga-lembaga ini bertugas merekomendasikan penerima beasiswa Eiffel untuk program akademik yang ditentukan dalam aplikasi. Setiap kandidat yang dicalonkan oleh lebih dari satu institusi akan didiskualifikasi.

Tingkat akademik ditargetkan. Hanya program yang diakui oleh pemerintah Prancis yang memenuhi syarat. Program Eiffel tidak dapat digunakan pada program yang dijalankan Prancis di luar negeri atau sehubungan dengan kontrak magang atau kontrak pelatihan profesional.

Konflik beasiswa. Aplikasi yang menominasikan siswa yang, pada saat melamar, telah diberikan beasiswa pemerintah Prancis lainnya tidak akan diterima, meskipun beasiswa lainnya hanya mencakup asuransi kesehatan.

Komponen Magister. Permohonan yang diajukan oleh mahasiswa yang ditolak dalam kompetisi sebelumnya tidak akan diterima, bahkan jika permohonan diajukan oleh institusi yang berbeda atau bidang studi lain. Siswa yang sebelumnya telah menerima beasiswa master Eiffel tidak diperkenankan untuk menerima yang lain di tingkat master.

Komponen Doktor. Institusi dapat mencalonkan untuk beasiswa doktoral kandidat yang sebelumnya menerima beasiswa di tingkat master. Kandidat yang sebelumnya diberikan beasiswa doktoral tidak memenuhi syarat untuk menerima doktoral yang lain. Aplikasi kandidat doktoral yang ditolak dalam kompetisi sebelumnya tidak akan diterima, meskipun aplikasi tersebut diajukan oleh institusi yang berbeda atau bidang studi lain.

Kemampuan bahasa. Saat memilih kandidat yang tidak berbahasa Prancis, institusi harus memastikan bahwa kemampuan bahasa kandidat memenuhi persyaratan program akademik.

Lokasi geografis. Tingkat master: Kandidat yang sudah belajar di Prancis tidak dapat diterima. Tingkat Doktoral: Siswa yang terdaftar dalam program akademik di luar negeri memiliki prioritas di atas siswa yang sudah berada di Prancis.

Kalender

• Pengajuan aplikasi online mulai: 27 September 2021.
• Batas waktu penerimaan aplikasi oleh Campus France: 7 Januari 2022 (dinominasikan langsung dari institusi).
• Siswa yang berminat harus menghubungi institusi untuk pengiriman materi aplikasi siswa ke Campus France sebelum waktu berakhir.
• Pengumuman hasil: 4 April 2022.

Beasiswa Eiffel tidak dapat disandingkan dengan beasiswa pemerintah Prancis termasuk beasiswa Erasmus+ atau beasiswa  lainnya. Dalam kasus seperti itu, kandidat harus memilih salah satu beasiswa saja.

Pencalonan

Setiap institusi dapat menominasikan maksimal 40 kandidat per bidang studi untuk beasiswa master. Paling lambat 7 Januari 2022, institusi harus mengirimkan ke Campus France daftar aplikasi yang sebelumnya mereka ajukan secara online. Dokumen digital ini harus dibubuhi stempel institusi dan tanda tangan pimpinan institusi (rektor atau direktur universitas), atau wakilnya. Dokumen digital dikirim melalui email ke candidatures.eiffel@campusfrance.org.

Publikasi Hasil

Daftar penerima penghargaan beasiswa akan dipublikasikan di situs web Campus France: http://www.campusfrance.org/en/eiffel
Setiap lembaga menerima laporan hasil aplikasi yang telah diajukannya. Pertimbangan panitia seleksi tidak dipublikasikan. Keputusannya bersifat final.

Informasi lengkap beasiswa dapat dibaca di sini.

Pertanyaan tentang hal-hal praktis dapat ditujukan ke:
candidatures.eiffel@campusfrance.org

Catatan admin:

Memang waktu sudah tidak memungkinkan untuk mendaftar universitas Prancis hingga diterima lalu meminta dinominasikan untuk mendapatkan beasiswa Eiffel. Minimal artikel ini dapat menjadi bahan informasi untuk Anda melakukan persiapan jika ingin mendaftar di tahun depan. Mengingat kesempatan mendaftar beasiswa ini hanya sekali. Yang telah ditolak, tidak akan ada harapan diterima kemudian, sebagaimana disebutkan di atas. Maka diperlukan persiapan maksimal sejak jauh-jauh hari. 

Copyright @ SantriNabawi.ID
Palangka Raya,
30 Jumadil Awwal 1443 H / 3 Januari 2022 M


Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!



Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!







Post a Comment

0 Comments