Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

33 Perguruan Tinggi Paling Hits di Indonesia



Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم على سيدنا ونبينا محمد وعلى اله وصحبه أجمعين

33 Perguruan Tinggi Paling Hits di Indonesia
33 Perguruan Tinggi Paling Hits di Indonesia

Dari ribuan website kampus yang ada di Indonesia, tentu saja terdapat perbedaan jumlah pengunjung. Ada yang ramai dikunjungi (hits) dan ada yang sepi pengunjung. Alexa adalah sebuah website yang membagikan ranking bagi setiap website atau blog yang ada di internet. Situs dengan ranking terkecil adalah yang terbaik, yaitu terpopuler atau terhits. Dengan menggunakan Alexa dapat diketahui perguruan tinggi mana saja yang paling hits di Indonesia berdasarkan rankingnya. Untuk mengetahui ranking Alexa setiap website bisa dilakukan dengan mengetikkan domain (alamat) website kampus di Alexa.com, atau menginstall toolbar Alexa di browser, atau mengakses link seperti berikut http://alexa.com/siteinfo/iain-palangkaraya.ac.id (Ganti iain-palangkaraya.ac.id dengan alamat institusi Anda).

Mengapa suatu website universitas bisa banyak diakses?
Menjawab pertanyaan ini admin punya beberapa kemungkinan jawaban..
1. Bisa jadi banyak kegiatan perkuliahan yang berkaitan dengan website perguruan tinggi.
2. Bisa jadi mahasiswanya memang banyak.
3. Institusinya mungkin mempublikasikan skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa, baik full atau hanya sebagian sehingga terindeks oleh Google Scholar dan dapat diakses banyak orang.
4. Kampus tersebut punya banyak jurnal ilmiah open access yang dijadikan bahan bacaan dan rujukan para peneliti, dosen, dan mahasiswa. Sebagai contoh UIN Malang dan UIN Jakarta masing-masing saja mempunyai 2 buah jurnal terindeks Sinta dengan kata kunci Syariah, belum kata kunci lain.
5. Jurnal ilmiahnya terdaftar di DOAJ, Sinta, Garuda, dan lain-lain.

Bedanya Peringkat (Ranking) Alexa dengan Sinta apa?
Ranking Alexa hanya mengacu pada kepopuleran suatu website, baik dari banyaknya pengunjung maupun link yang mengarah pada website universitas. Adapun peringkat Sinta berdasarkan banyak hal, seperti jumlah publikasi civitas institusi di jurnal internasional Scopus, Sinta, belum terindeks, jumlah dosen, jumlah jurnal ilmiah yang dimiliki, jumlah kutipan, dll. Jadi hitsnya website institusi tidak menjamin ranking Sintanya tinggi. Demikian sebaliknya Sintanya tinggi, belum tentu website kampusnya banyak diakses. Keduanya Sinta dan Alexa mempunyai alat pemeringkat yang berbeda.

Baiklah.. Berikut ini 33 institusi pendidikan tinggi Indonesia terhits berdasarkan rekap ranking Alexa dunia (global) 1-2 Januari 2021 disertai ranking Alexa khusus di wilayah Indonesia serta peringkat Sinta bagi institusi yang masuk top 250:

1. Universitas Terbuka https://www.ut.ac.id/ dengan ranking Alexa 4.118 di dunia dan ranking 128 di Indonesia. Sangat wajar website kampus yang memang sistem perkuliahannya dilakukan secara online ini mendapat peringkat pertama paling banyak diakses dibanding kampus-kampus lain di Indonesia. Kampus yang berpusat di Tangerang Selatan, Banten ini juga mempunyai banyak cabang di berbagai kota di Indonesia, bahkan di luar negeri. Lembaga pendidikan ini peringkat ke-139 di Sinta.

2. Website terpopuler kedua adalah https://ugm.ac.id/ milik Universitas Gadjah Mada yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ranking Alexa dunia 5.525 dan di Indonesia peringkat 133. Universitas ini mendapat peringkat 3 menurut Sinta dari 5.000 lebih institusi Indonesia lainnya.

3. Universitas Airlangga https://unair.ac.id/ menjadi paling hits ketiga dengan ranking Alexa dunia 6.974 dan peringkat 160 di Indonesia. Kampus yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini ranking 5 menurut Sinta.

4. Universitas Indonesia https://ui.ac.id/ yang terletak di Kota Depok, Jawa Barat menempati posisi keempat dengan ranking dunia 7.079 dan Indonesia 153. Website UI lebih populer di Indonesia dibanding Airlangga dan hanya selisih sedikit pada ranking dunia. Berdasarkan ranking Sinta perguruan tinggi ini memperoleh peringkat 1.

5. Kelima terhits adalah https://www.upi.edu/ Universitas Pendidikan Indonesia dengan ranking global 7.504 dan ke 152 di Indonesia. UPI terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Peringkat Sinta ke-19.

6. Universitas Brawijaya https://ub.ac.id/ berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur ini diberi ranking global Alexa 8.359 dan ke-159 di Indonesia. Pada Sinta memperoleh ranking 7.

7. Universitas Negeri Semarang http://unnes.ac.id/ sesuai namanya berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Ranking Alexa global 8.368 dan 167 Indonesia. Sinta peringkat ke-27.

8. Universitas Negeri Yogyakarta https://www.uny.ac.id/ ranking global 9.114 dan 158 Indonesia. Lokasinya terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ranking Sinta ke-25.

9. Universitas Bina Nusantara https://binus.ac.id/ terletak di Jakarta Barat, Jakarta. Ranking Alexa dunia 9423 dan 180 Indonesia. Peringkat 18 Sinta.

10. Universitas Negeri Malang https://um.ac.id/ peringkat Alexa 10.635 dan 194 Indonesia. Kota Malang, Jawa Timur Sinta peringkat 17.

11. Universitas Diponegoro https://www.undip.ac.id/ berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Ranking Alexa 10.793 dan 178 di Indonesia. Peringkat Sinta ke-11.

12. Institut Pertanian Bogor https://ipb.ac.id/ ranking Alexa dunia 10.931 dan 241 di Indonesia. Terletak di Bogor, Jawa Barat dan memperoleh peringkat 4 pada Sinta.

13. Universitas Sebelas Maret https://uns.ac.id/id/ berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Alexa global 11.772 dan 220 Indonesia. Ranking Sinta ke-13.

14. Universitas Muhammadiyah Malang http://www.umm.ac.id/ mendapat peringkat Alexa dunia 11.843 dan Indonesia 221. Terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Sinta peringkat ke-67.

15. Universitas Udayana https://www.unud.ac.id/ terletak di Kabupaten Badung, Bali. Ranking Alexa dunia 12.821 dan 209 di Alexa Indonesia. Ranking Sinta ke-16.

16. Universitas Andalas https://www.unand.ac.id/id ranking Alexa 13.035 dan Indonesia 239. Universitas yang berlokasi di Kota Padang, Sumatra Barat ini memperoleh peringkat 15 di Sinta.

17. Universitas Jember https://unej.ac.id/ terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Alexa global rank 13.352 dan 246 di Indonesia. Ranking Sinta 23.

18. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang https://www.uin-malang.ac.id/ 13.932 Alexa dunia dan 240 Indonesia. Berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur dengan Sinta peringkat 97.

19. Universitas Muhammadiyah Surakarta https://www.ums.ac.id/ terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Ranking Alexa 14.090 dan peringkat 35 Sinta. UMS mempunyai jurnal ilmiah terakreditasi Sinta 3 tentang Ahwal Asy-Syakhsiyyah dan Muamalah. Baca 30+ Jurnal Hukum Keluarga Islam & Hukum Ekonomi Syariah Terindeks Sinta!

20. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta https://www.umy.ac.id/ peringkat Alexa dunia 15.187, 243 Indonesia, dan 49 Sinta. Lokasi di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

21. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel https://w3.uinsby.ac.id/ ranking Alexa dunia 16.044, peringkat Sinta ke-137 berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur.

22. Universitas Padjadjaran https://unpad.ac.id/ terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Ranking Alexa global 16.146 dan peringkat 10 Sinta.

23. Universitas Negeri Padang http://www.unp.ac.id/ ranking Alexa 16.521. Lokasi Kota Padang, Sumatra Barat dengan peringkat Sinta ke-30.

24. Universitas Sumatera Utara http://www.usu.ac.id/ terletak di Kota Medan, Sumatera Utara. Peringkat Alexa 17.884 dan urutan ke-12 di Sinta.

25. Institut Teknologi Sepuluh Nopember https://www.its.ac.id/ ranking Alexa 18.257 dan Sinta ke-9. Lokasi Kota Surabaya, Jawa Timur.

26. Universitas Hasanuddin https://unhas.ac.id/v2/ terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Alexa 18.581 dan Sinta 8.

27. Universitas Pasundan http://www.unpas.ac.id/ lokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Alexa dunia 19.436 dan Sinta 151.

28. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta https://www.uinjkt.ac.id/ terletak di Kota Tangerang Selatan, Banten. Alexa 19.621 dan Sinta 48.

29. Universitas Mercu Buana https://www.mercubuana.ac.id/id/ Alexa 20.087 dan Sinta 58. Lokasi di Jakarta Barat, Jakarta.

30. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang https://walisongo.ac.id/ berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Peringkat Alexa 20.293 dan Sinta 193.

31. Universitas Sanata Dharma https://www.usd.ac.id/ ranking Alexa 20.497 dan Sinta 92. Terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

32. Universitas Lampung https://www.unila.ac.id/ berlokasi di Kota Bandar Lampung, Lampung. Peringkat Alexa 20.902 dan Sinta ke-22.

33. Universitas Muhammadiyah Semarang https://unimus.ac.id/ terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah dengan Alexa global rank 21.059 dan peringkat ke-100 menurut Sinta.

Itulah beberapa website institusi perguruan tinggi yang hits, populer, atau banyak diakses di Indonesia. Peringkat Alexa berubah setiap hari. Jadi bisa saja saat Anda membaca artikel ini, ranking sudah jauh berbeda. Yang jelas dari artikel ini Anda dapat mengetahui bahwa ada beberapa universitas yang websitenya mempunyai ranking bagus di dunia dan masuk 250 situs terbanyak diakses di Indonesia.

Pada list di atas tak satupun lembaga pendidikan tinggi Kalimantan Tengah yang masuk. Memang institusi terhits di KalTeng masih selisih jauh dengan urutan ke 33 di atas. Baca Peringkat dan Akreditasi Perguruan Tinggi Kalimantan Tengah!

Untuk kampus yang merasa masih kurang hits, jadi bisa menganalisa apa sebabnya. Mungkin mahasiswa memang sedikit, kegiatan kampus tak berhubungan dengan web, tugas akhir mahasiswa tidak dipublikasikan, atau masih punya sedikit jurnal ilmiah.

Semoga banyak orang yang memperoleh manfaat dari website-website institusi pendidikan Indonesia.

Copyright @ SantriNabawi.ID
Palangka Raya,
18 Jumadil Awwal 1442 H / 2 Januari 2021 M


Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!



Allaahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad >>> Untuk mendapatkan informasi beasiswa terbaru, silakan ikuti media sosial kami berikut ini: Telegram, Tiktok, Instagram, WhatsApp, Twitter, Youtube dan Facebook!







Post a Comment

0 Comments